Standar Operasional Prosedur (SOP)

Bagian Umum

Rumah Tangga


Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36, Romang Polong, Kabupaten Gowa

Nomor SOP

Un.06/OT.01.3/UMUM/91

Tanggal Pembuatan

25 Juni 2025

Tanggal Revisi

25 Juni 2025

Tanggal Efektif

25 Juni 2025

Disahkan Oleh

Prof. H. Hamdan, M.A.,PhD

SOP PENGAWASAN RUANG STRATEGIS

Dasar Hukum

Kualifikasi Pelaksana

  • Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

  • Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa

  • Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

  1. SLTA/DI/DII/DIII di bidang yang telah mengikuti pelatihan gada pertama/madya/utama (bersertifikat) atau bidang lain yang relevan dengan jabatan

Keterkaitan

Peralatan / Perlengkapan

  • SOP Penjagaan Keamanan

  • SOP Patroli Satuan Pengamanan

  1. Surat Permohonan

  2. Surat Izin Keluar Barang

  3. Buku Barang Keluar

Peringatan

Pencatatan/Pendataan

  • Apabila SOP ini tidak dijalankan meliputi melakukan kegiatan koordinasi, pemeriksaan, pengaturan dan evaluasi keamanan maka akan menimbulkan ketidaknyamanan

  1. Melakukan kegiatan kordinasi penjagaan, pemeriksaan, pengawalan, peraturan, patroli, dan evaluasi keamanan.

 

ALUR SOP

No Aktivitas Pelaksana Mutu Baku Keterangan
kasubag RT KEPALA SATPAM anggota Persyaratan / Perlengkapan Waktu (Menit) Output
1. Membuat jadwal pengawasan Buku catatan dan polpen 10 Jadwal pengawasan
2. Memverifikasi jadwal pengawasan Form Patroli 5 Jadwal
3. Menjalankan tugas pengawasan dan membawa perlengkapan yang dibutuhkan Peralatan 5 Laporan
4. melakukan pengecekan dan memastikan kondisi ruangan Mengecek 60 laporan
5. Mendokumentasikan kondisi ruangan dokumentasi ruangan 5 dokumentasi/foto ruangan
6. Melaporkan jika ditemukan kejanggalan Laporan 5 laporan
7. Melaporkan hasil pengawasan laporan 5 laporan
8. Menyampaikan hasil pengawasan dan menyerahkan form pengawasan kepada Kasubah RT laporan pengawasan 10 laporan hasill pengawasan