Standar Operasional Prosedur (SOP)

Bagian Keuangan dan Akuntansi

Pelaksana Anggaran & Perbendaharaan


Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36, Romang Polong, Kabupaten Gowa

Nomor SOP

Un.06/OT.01.3/REKTORAT-KEUANGAN/11

Tanggal Pembuatan

26 Januari 2016

Tanggal Revisi

20 Maret 2018

Tanggal Efektif

20 Maret 2018

Disahkan Oleh

Rektor

Penyusunan Laporan Penerimaan Dana BLU

Dasar Hukum

Kualifikasi Pelaksana

  • PP Nomor 15 Tahun 2006

  • PMK Nomor 1 Tahun 2005

  • KMA Nomor 49 Tahun 2013

  • Keputusan Rektor Nomor 203.A Tahun 2016

  1. Memahami Administrasi Keuangan

  2. Memeiliki Tanggung Jawab, Ketelitian dan Integritas yang tinggi untuk Melaksanakan Tugas

Keterkaitan

Peralatan / Perlengkapan

  • SOP Tarif Penerimaan

  • SOP Pelaporan Keuangan

  1. Rekening Koran

  2. Laporan Penerimaan

Peringatan

Pencatatan/Pendataan

  1. Validitas Data Penerimaan yang bersumber dari PNBP

  2. Proses Pembukuan Laporan Maksimal 3 Hari

 

ALUR SOP

No Aktivitas Pelaksana Mutu Baku Keterangan
JFU (Bendahara Penerima) Kasubag. Pelaksana Anggaran & Perbendaharaan Kabag. Keuangan & Akuntansi Kepala Biro AUPK Fakultas/Unit Persyaratan / Perlengkapan Waktu (Menit) Output
1. Menerima Rekening Koran secara Periodik dari Bank Lampiran Rekening Koran, ADK Rekening Koran Penerimaaan Bulanan, Semester dan Tahunan 30 Rekening Koran Penerimaan
2. Membuat Data Rekap Penerimaan PNBP dan Menyusun Laporan Penerimaan Bulanan, Semester dan Tahunan Lampiran Rekening Koran, ADK Rekening Koran Penerimaaan Bulanan, Semester dan Tahunan 60 Laporan Penerimaan
3. Menverifikasi Dokumen Laporan Penerimaan Bulanan, Semester dan Tahunan Laporan Penerimaan Bulanan, Semester dan Tahunan 10 Laporan Penerimaan
4. Memvalidasi Dokumen Laporan Penerimaan Semester dan Tahunan Laporan Penerimaan Bulanan, Semester dan Tahunan 5 Laporan Penerimaan
5. Menandatangani Laporan Penerimaan Semester dan Tahunan Laporan Penerimaan Bulanan, Semester dan Tahunan 5 Laporan Penerimaan
6. Menggandakan Laporan Penerimaan Semester dan Tahunan Laporan Penerimaan Bulanan, Semester dan Tahunan 60 Rangkap Laporan Penerimaan
7. Mendistribusi Laporan Penerimaan Semester dan Tahunan Laporan Penerimaan Bulanan, Semester dan Tahunan yang sudah ditanda tangani 30 Laporan Penerimaan
8. Mengarsipkan Laporan Penerimaan 5 Arsip