Standar Operasional Prosedur (SOP)

Bagian Keuangan dan Akuntansi

Pelaksana Anggaran & Perbendaharaan


Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36, Romang Polong, Kabupaten Gowa

Nomor SOP

Un.06/OT.01.3/REKTORAT-KEUANGAN/14

Tanggal Pembuatan

03 Januari 2017

Tanggal Revisi

20 Maret 2018

Tanggal Efektif

20 Maret 2018

Disahkan Oleh

Rektor

Rencana Penarikan Dana (RPD)

Dasar Hukum

Kualifikasi Pelaksana

  • Undang-Undang No.1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara

  • Peraturan Pemerintah No.39 tahun 2007 tentang Pengelolaan Uang Negara/Daerah

  • Peraturan Pemerintah No.45 tahun 2013 tentang Tata cara Pelaksanaan APBN

  • PMK No. 277/PMK.05/2014 tentang Rencana Penarikan Dana, Rencana Penerimaan Dana, dan Perencanaan Kas

  1. Memahami Administrasi Keuangan

  2. Memeiliki Tanggung Jawab, Ketelitian dan Integritas yang tinggi untuk Melaksanakan Tugas

Keterkaitan

Peralatan / Perlengkapan

  • SOP Pencairan Dana

  1. ADK RPK

  2. ADK RPD

Peringatan

Pencatatan/Pendataan

 

ALUR SOP

No Aktivitas Pelaksana Mutu Baku Keterangan
JFU Kasubbag. Pelaksana Anggaran & Perbendaharaan KPPN Persyaratan / Perlengkapan Waktu (Menit) Output
1. Menerima Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Unit Kerja 5 Data RPK
2. Memeriksa Waktu, Tanggal dan Jumlah Ketersediaan Dana Rencana Pelaksanaan Kegiatan dari Masing-masing Unit Kerja Rencana Pelaksanaan Kegiatan dari Masing-masing Unit Kerja yang bersumber dari RM dan BLU 10 Data RPK
3. Menyerahkan Rencana Pelaksanaan Kegiatan dari Masing-masing Unit Kerja ke Kasubag. Pelaksana Anggaran ADK dan Fisik Rencana Pelaksanaan Kegiatan dari Masing-masing Unit Kerja yang bersumber dari RM dan BLU 5 Data RPK
4. Menverifikasi Rencana Pelaksanaan Kegiatan dari Masing-masing Unit Kerja selanjutnya di serahkan ke JFU ADK dan Fisik Rencana Pelaksanaan Kegiatan dari Masing-masing Unit Kerja yang bersumber dari RM dan BLU 15 Data RPK
5. Menginput Rencana Pelaksanaan Kegiatan dari masing-masing unit kedalam Aplikasi RPD, untuk RDP Harian dan Bulanan ADK dan Fisik Rencana Pelaksanaan Kegiatan dari Masing-masing Unit Kerja yang bersumber dari RM dan BLU 60 Data RPD
6. Melakukan Update RPD Harian dan Bulanan dan Mengirim RDP Bulanan ke KPPN Data Rencana Penarikan Dana (RPD) Unit Kerja Harian dan Bulanan 60 ADK RPD
7. Menerima RDP Satker Rencana Penarikan Dana (RPD) Unit Kerja dikonfirmasi ke via email satker 15 RPD
8. Mengarsipkan RPD 5 Arsip