Standar Operasional Prosedur (SOP)

UPT

Perpustakaan Syekh Yusuf


Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36, Romang Polong, Kabupaten Gowa

Nomor SOP

Un.06/OT.01.3/UPT-PERPUSTAKAAN/02

Tanggal Pembuatan

23 Maret 2017

Tanggal Revisi

17 April 2018

Tanggal Efektif

23 Maret 2017

Disahkan Oleh

Rektor UIN Alauddin Makassar

SOP LAYANAN PEMINJAMAN BUKU SIRKULASI

Dasar Hukum

Kualifikasi Pelaksana

  • UU No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, UU No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, Kepmenpan & RB No. 9 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 2 tahun 2008 tentang Juknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, Tata tertib Perpustakaan UIN Alauddin Makassar

  1. Tingkat SMA Sederajat S1 Perpustakaan S2 Perpustakaan S1 Non Perpustakaan + Diklat Perpustakaan

Keterkaitan

Peralatan / Perlengkapan

  • SOP Peminjaman Buku

  1. Perangkat komputer, barcode scanner, jaringan, aplikasi SLims, meja sirkulasi, kursi, rak buku, ATK

Peringatan

Pencatatan/Pendataan

  • Jika SOP tidak dilaksanankan, maka tidak dapat meminjam buku

  1. Laporan peminjaman buku

 

ALUR SOP

No Aktivitas Pelaksana Mutu Baku Keterangan
Bagian sirkulasi/pengembalian Pemustaka Kepala Perpustakaan Persyaratan / Perlengkapan Waktu (Menit) Output
1. Menerima buku yang akan dipinjam beserta KTA Perpustakaan atau kartu mahasiswa KTA, Kartu Mahasiswa dan buku 5 Buku, KTA dan Kartu Mahasiswa
2. Membuka file anggota (sistem barcode/penginputan manual) dengan menggunakan KTA perpustakaan/KTM Komputer, barcode scanner, aplikasi SLims 5 Data transaksi peminjaman
3. Memeriksa data jumlah peminjaman buku, yaitu 3 buku untuk mahasiswa S1, 4 buku untuk mahasiswa S2 dan S3, 5 buku untuk staf PNS/ASN dan dosen Data peminjaman 5 Jenis pemustaka, mahasiswa (S1, S2, dan S3), dosen dan staf PNS/ASn
4. Memasukkan data buku yang akan dipinjam (sistem barcode) Data peminjaman 5 Data pinjaman
5. Menyerahkan buku yang sudah dipinjam beserta KTA perpustakaan /KTM kepada pemustaka/ Meletakkan buku di meja titipan apabila pemustaka masih ada keperluan di area sirkulasi Data peminjaman, KTA/KTM/Meja atau rak sementara 5 Buku sesuai dengan yang dipinjam pemustaka
6. Menyusun laporan statistik peminjaman buku Data peminjaman 360 Laporan Statistik
7. Menerima laporan statistik peminjaman buku (harian, mingguan, bulanan, tahunan) dari bagian sirkulasi Laporan statistik 120 Arsip