Standar Operasional Prosedur (SOP)

UPT

Perpustakaan Syekh Yusuf


Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36, Romang Polong, Kabupaten Gowa

Nomor SOP

Un.06/OT.01.3/UPT-PERPUSTAKAAN/10

Tanggal Pembuatan

23 Maret 2017

Tanggal Revisi

17 April 2018

Tanggal Efektif

23 Maret 2017

Disahkan Oleh

Rektor UIN Alauddin Makassar

SOP PENGADAAN BAHAN PUSTAKA MELALUI DIPA

Dasar Hukum

Kualifikasi Pelaksana

  • UU No. 20 Th 2003 tentang SISDIKNA, UU No. 47 Th. 2007 tentang Perpustakaan,

  1. S1 Ilmu Perpustakaan, S2 Ilmu Perpustakaan, Pustakawan, Staf Perpustakaan, Kepala Perpustakaan, Bagian Perencanaan

Keterkaitan

Peralatan / Perlengkapan

  • SOP Bagian keuangan, SOP Layanan Sirkulasi, SOP Pengolahan Buku, SOP Layanan Referensi

  1. Komputer, Jaringan internet, Aplikasi SLims, Katalog buku dari penerbit, toko buku dan internet, toko buku online, ususlan dari jurusan, dosen, dan pemustaka

Peringatan

Pencatatan/Pendataan

  • Jika SOP tidak dilaksanakan, maka pengadaan bahan pustaka tidak terlaksana

  1. usulan pengadaan bahan pustaka

 

ALUR SOP

No Aktivitas Pelaksana Mutu Baku Keterangan
Kepala Perpustakaan Bagian Administrasi Bagian Teknis/Pengolahan Perencanaan Persyaratan / Perlengkapan Waktu (Menit) Output
1. identifikasi usulan judul buku kepada dosen, dan ketua jurusan yang ada di UIN Alauddin Makassar Jurusan, komputer, ATK 360 Surat Permonan
2. Mengecek data pesanan judul buku dari Jurusan, dosen maupun mahasiswa melalui form pemesanan buku usulan judul dari Jurusan, dosen, mahasiswa, komputer 360 Daftar usulan judul buku sementara
3. Menerima usulan pengadaan buku dari berbagai pihak Usulan judul dari jurusan/prodi, komputer 360 Daftar usulan judul buku sementara
4. Membuat daftar usulan judul buku Komputer, draf usulan judul, ATK 360 Daftar usulan judul buku sementara
5. Memeriksa kelengkapan data bibliografis Komputer, dan draf usulan judul buku 2 Cek list usulan judul
6. Melakukan seleksi usulan judul buku Komputer, draf usulan judul, aplikasi SLims 5 Daftar usulan judul buku yang disetujui
7. Memeriksa alokasi dana Daftar usulan judul buku, RKKL 360 Daftar judul buku yang disetujui
8. Membuat daftar usulan pengadaan buku ke panitia pengadaan buku Daftar usulan judul buku, komputer 360 Tanda terima penyerahan daftar usulan pengadaan buku
9. Memasukkan daftar pengadaan buku ke panitia pengadaan buku Daftar usulan buku 360 Buku sesuai pesanan
10. Menerima hasil pembelian Buku 360 Buku sesuai dengan pesanan
11. Melakukan pengecekan daftar pesanan bahan pustaka dengan buku yang diterima Buku dan daftar usulan pengadaan dari perpustakaan 360 Buku sesuai dengan pesanan
12. Mengembalikan judul buku yang tidak sesuai, dan mengkonfirmasi judul buku pengganti ke perpustakaan Buku dan daftar usulan pengadaan dari perpustakaan 360 Buku yang tidak sesuai ditukar sesuai permintaan perpustakaan
13. Menyerahkan buku yang sudah di periksa ke bagian pengolahan bahan pustaka Buku hasil penukaran/penggantian 360 Buku sesuai pesanan